Cara Membersihkan Touch Screen Smartphone atau Tablet Dengan Aman

Untuk membersihkan touch screen Smartphone pada dasarnya cukup sederhana. Anda tidak perlu cairan atau pembersih khusus untuk membersihkan touch screen (Layar Sentuh) Smartphone atau Tablet. Anda dapat membersihkannya dengan bahan yang anda punya. Namun, perlu anda ketahui ada beberapa cairan dan bahan yang harus anda hindari yang dapat merusak layar sentuh tablet atau SmartPhone anda.

membersihkan layar tablet atau smartphone

Setelah anda memahami apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan, anda dapat dengan aman membersihkan Touch Screen Smartphone atau tablet hanya dalam beberapa detik, menghapus minyak yang menempel, debu yang bersarang.

Yang Tidak Boleh Anda Lakukan.

Sebelum kita membahas metode pembersihan cepat, mudah dan aman untuk membersihkan layar sentuh Smartphone yang anda miliki, perlua anda ketahui beberapa hal yang tidak boleh anda lakukan untuk membersihkan layar sentuh Smartphone:

  • JANGAN menggunakan bahan kimia sejenis Amonia, atau alkohol pembersih. Jika cairan kimia sangat diperlukan usahakan hanya beberapa tetes saja pada kain yang digunakan. Anda juga dapat membeli pembersih khusus.
  • JANGAN menggunakan kain kasar, handuk keras, atau kertas tisu, yang dapat menggores layar sentuh. Mungkin untuk pertama kali penggunaan goresan tidak akan terlihat tetapi lama kelamaan goresan akan cukup jelas terlihat. Sebaiknya, gunakan kain microfiber (kain lembut tanpa serat), yang dirancang khusus untuk membersihkan permukaan sensitif.
  • JANGAN menggunakan air terlalu banyak, apalagi diteteskan langsung ke layar perangkat yang anda miliki, jika hendak menggunakan air baiknya basahi kain Micro Fiber yang akan digunakan dan jangan lupa untuk memeras kain sehingga air tidak terlampau banyak.
  • JANGAN terlalu keras menekan layar ketika anda menggosok.

Proses pembersihan akan berbeda jika layar sudah menggunakan Screen Protector, anda bisa sedikit lebih praktis untuk membersihkannya, setidaknya jika Screen Protector anda terlihat banyak goresan anda bisa mengganti denganyang baru.

Kain Microfiber

Untuk membersihkan layar sentuh, yang anda perlukan adalah kain Microfiber. Untuk layar yang terlihat kotor mungkin anda bisa menggunakan sedikit air bersih, tetapi jangan sekali kali menggunakan sabun.

Kain Microfiber atau lebih terkenalnya Kanebo dapat dengan mudah kita dapatkan dan harganya cukup murah, tetapi anda harus hati-hati dalam memilih karena tidak sedikit kain Microfiber “bajakan” yang terasa sedikit lebih keras sehingga tidak baik untuk digunakan. Kain Microfiber yang bagus contohny ketika anda memiliki kacamata, biasanya ketika anda membeli kacamata disertakan pula kain microfiber untuk membersihkannya. Kain ini dengan aman dapat membersihkan permukaan kaca yang sensitif tanpa harus menggosok dengan keras, dan dapat anda gunakan juga untuk layar sentuh Smartphone. Untuk keadaaan darurat anda bisa menggunakan kapas atau ujung kaos yang anda gunakan.

kain pembersih kacamata

Kain Microfiber cukup bagus untuk membersihkan layar sentuh anda karena mengandung serat yang tidak akan menimbulkan goresan, selain itu kain Microfiber juga dapat menyerap minyak dan debu yang terkandung.

Cara Membersihkan Touch Screen (Layar Sentuh) Menggunakan Kain Microfiber.

Sekarang kita asumsikan bahwa anda sudah memiliki kain Microfiber, cara pembersihan cukup sederhana:

  • Matikan perangkat. Langkah ini sebenarnya opsional, tetapi jika anda akan menggunakan cairan untuk membersihkannya sebaiknya matikan perangkat anda. Setidaknya mematikan layar akan membantu anda melihat kotoran yang terkandung cukup jelas.
  • Gosok berulang satu arah secara horizontal ataupun vertical menggunakan kain microfiber. Misalnya, mulai di sisi kiri layar dan kemudian dari sisi kanan layar ke kiri. Selanjutnya, ulangi cara tersebut sehingga seluruh layar menjadi bersih. Anda juga bisa menggunakan metode menggosok dengan cara melingkar terutama untuk noda yang membandel, tetapi perlu anda ingat cara ini dapat menimbulkan goresan halus pada layar anda. Sehingga kami merekomendasikan gunakan cara menyeka layar dari kanan ke kiri, atau sebaliknya.
  • Jika memang diperlukan gunakan sedikit air, tetapi jangan sekali kali menambahkan sabun atau cairan apapaun, baiknya air hanya membasahi bagian sudut kain. Anda ikuti metode pembersihan pertama dengan cara mengusap ke kiri dan ke kanan, anda juga bisa mengkombinasikan dengan gerakan memutar terutama untuk noda yang membandel.
  • Lap layar dengan bagian yang kering dari kain micro fiber, perlu anda ingat jangan terlalu keras ketika anda mengelapnya.

Mungkin cara diatas terlihat sedikit rumit, dalam kenyaataannya tidak seperti itu, terkadang kita hanya butuh waktu beberapa detik untuk untuk menghilangkan noda dan minyak.

Untuk mebersihkan kain Microfiber sehingga terhindar dari penumpukan kotoaran anda bisa menggunakan air hangat dengan cara direndam dengan tidak menggunakan sabun atau cairan kimia apapaun, kemudian anda peras dan biarkan kain sampai kering.

Apakah anda mempunyai cara lain selain cara yang dipaparkan diatas, silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *