10 virus komputer paling berbahaya

Virus dapat menyebaban kerusakan tehadap sistem operasi, ada juga diciptakan untuk mencuri data-data rahasia berikut adalah 10 virus komputer paling berbahaya, kendatipun efek yang ditimbulkan berbeda.

  1. Melissa

    Pada tahun 1999 Davdi L Smith membuat virus menggunakann Microsoft Word Macro dan memberi nama virus tersebut dengan sebutan “MELISA”.

    Cara kerja melisa adalah menyebar melalui email, dimana “Melisa” akan mengririmkan email secara otomatis dari komputer yang telah terinfeksi, virus ini akan mengirim email otomatis ke 50 kontak pertama pada daftar kontak email.

  2. ILOVEYOU

    Setahun setelah penyebaran virus “Melisa” tepatnya 5 May tahun 2000 kembali muncul virus baru dengan nama “ILOVEYOU” virus ini benbentuk program yang dapat mendupilkasi secara otomatis, penyebarannya sama dengan “Melisa” tetapi virus “ILOVEYOU” dapat menduplikasi dirinya dan tersimpan di komputer yang terinfeksi. virus ini pun secara otomatis mendownload file WIN-BUGSFIX.EXE dari internet dan menjalankannya dimana dia dapat mencuri Password yang mengirimkannya ke email pembuat virus.

    Pembuat virus ini berasal dari Filipina yang bernama Onel de Guzman.

  3. The Klez Virus

    Penyebarannya melalui email, cara kerjanya sama seperti virus lain yaitu menginfeksi file.

    Selain itu The Klez Virus dapat mendisable antivirus sehingga virus tersebut tida dapat dihapus, penyebaran virus ini terjadi pada tahun 2001.

  4. Code Red and Code Red II

    Muncul pada 4 August 2001 virus ini ditemukan penyebarannya di komputer dengan Sistem Operasi Windows 2000 and Windows NT. Cara kerja virus ini yaitu meng ekploitasi komputer sehingga melebihi kapasitas dari kemampuan komputer tersebut.

    Code Red ini merupakan serangan dengan jenis distributed denial of service (DDoS) yang ditujukan untuk White House (Amerika Serikat), dimana setiap komputer yang terinfeksi akan mencoba mengakses server White House secara bersamaan sehingga menyebabkan server WHite House Overload.

    Untuk Sistem Operasi Windows 2000 virus ini berjalan di backdoor sehingga pemilik tidak menyadari, bahkan pembuat virus dapat me-remote komputer untuk dia gunakan tanpa sepengetahuan empunya, tetapi untuk Windows NT virus ini menyebabkan kerusakan pada sistem, sehingga pemilik harus melakukan instal ulang.

  5. Nimda

    Jika kata Nimda di balik maka akan jadi “Admin” virus ini menginfeksi komputer dan dapat mengakses komputer yang terinfeksi sesuai dengan user yang sedang login, misalkan jika anda “Limited User” maka si pembuat virus pun mempunyai hak akses sama, begitupn jika yang login adalah “Admin User” maka pembuat virus memiliki akses sama seperti user administrator.

    Sebenarnya virus ini ditujukan untuk menyerang komputer server, dan penyebaran virus ini-pun beragam, termasuk melalui email.

  6. SQL Slammer/Sapphire

    Pada akhir januari 2003 dunia internet kembali dikenjutkan dengan munculnya virus “Sapphire” kemunculan virus ini menyebakan kerusakan beberapa fasilitas yang cukup vital menyebabkan terganngu-nya sistem ATM The Bank of America’s, gangguan terhadap panggilan darurat 911 di kota Seattle, dan menyebabkan terganggunya penerbangan Continental Airlines karena disebabkan rusaknya sistem booking perusahaan penerbangan tersebut.

    Penyebran virus sangat cepat dimana 15 menit setelah diluncurkan saja virus ini sudah mampu menginfeksi setengah dari server yang ada sumber.

  7. MyDoom

    virus ini muncul pada tanggal 1 Februari 2004 Penyebaran virus ini melaui email selain itu virus ini menyebabkan search enggine seperti “Google” karena menerima jutaan permitaan pencarian secara otomatis dari komputer yang terinfeksi, bahkan beberapa mesin pencari mengalami overload.

  8. Sasser and Netsky

    Sven Jaschan pembuat virus komputer peling berbahaya

    Penciptanya masih berumur 17 tahun ke warga negaraan Jerman bernama Sven Jaschan, kemampun virus ini melakukan scanning terhadap ip-address komputer dengan sistem operasi windows yang memungkinkan untuk di-infeksi dan penyebarannya pun melalui jaringan peer-to-peer, efek dari terkena virus ini menyebabkna komputer sulit untuk di Shutdown kecuali dengan memutuskan aliran listrik.

  9. Leap-A/Oompa-A

    Jika anda perhatikan virus-virus diatas menginfeksi komputer dengan sistem Operasi Windows.

    Tetapi virus Leap-A/Oompa-A virus pertama yang menyerang sistem Mac OS besutan Apple tersebut, penyebaran virus ini melalui iChat kemudian melakukan pengirimna pesan secara otomatis kepada setiapa kontak yang terdaftar pada progrma iChat. Tetapi virus ini tidak mengganggu sistem operasi sehingga tidak begitu berbahaya.

  10. Storm Worm

    Penyebaran virus ini melalui email, Storm Worm merupakan salah satu jenis trojan horse, dimana komputer yang terinfeksi bisa dikases oleh pembuat virus, atau dijadikan bot untuk melakukan email spamming keseluruh jagat internet.

    Worm banyak sekali jenisnya, biasanya mereka mengirimkan email dengan subject sesuai dengan topik yang sedang hit di dunia internet.

    Pada dasarnya jika anda menerima email yang mencurigakan jangan coba anda mengklik link yang terdapat dalam email, jika anda klik maka secara otomatis komputer anda akan melakukan download virus yang pada akhirnya menyebabkan sistem operasi komputer anda terinfeksi.

Kesimpulan Penanganan Virus Komputer

Selalu gunakan antivirus pada komputer anda jangan lupa untuk update database antivirus secara otomatis, karena penggunaan antivirus tanpa melakukan update cukup beresiko, apalagi untuk anda yang sering menggunakan perpindahan data melalui flash disk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *