Memilih Modem dan Mengatasi Modem yang Bermasalah

Banyaknnya varian modem yang ada saat ini tentu membuat kita banyak pilihan untuk memilih modem mana yang sesuai dengan kebutuhan kita, karena ada modem yang jika sudah panas tiba-tiba tidak bisa mengakses internet.

Di bawah ini beberapa permasalahan yang biasa dihadapi dalam penggunaannya dan bagaimana cara megatasi modem yang bermasalah:

memilih modem dan mengatasi masalahnya

  1. Memilih Provider yang Tepat

    Penggunaan modem ini dipengaruhi oleh letak geografis sebuah daerah, karena ditentukan seberapa kuat sinyal sebuah provider di daerah anda, dan tentunya akan berbeda-beda terutama untuk daerah pedalaman dimana hanya povider tertentu saja yang bisa menjangkaunya.

    Jangan terpancing oleh sebuah iklan promosi, sebaiknya anda lakuakn reset terlebih dahulu provider apa yang cocok untuk daerah anda, tentukan pula apakah akan menggunanakan jenis GSM atau CDMA, tetunya dengan pertimbanag seberapa kuat sinyal didaerah anda.

    Sebaiknya anda gunakan modem dengan jaringan GSM, karena hampir semua jaringan provider GSM sudah tersedia di setiap daerah, apalagi jika anda sering melakukan perjalanan bisnis keluar kota, selain sinyal GSM hampir tersedia di seluruh daerah, juga perlu dipertimbangkan seberapa mudahkah anda mendapatkan pulsa untuk isi ulang

  2. Memilih Modem

    Banyak sekali merk yang bisa anda pilih entah pertimbangan dari segi harga, kekuatan, atau pelayanan. Ada jenis modem yang disediakan untuk digunakan hanya untuk merk provider tertentu artinya anda tidak bisa menggantinya dengan provider lain, biasanya jenis modem ini untuk tipe jaringan CDMA, berbeda dengan modem untuk jaringan GSM rata-rata bisa diganti dengan provider lain.

    Pertimbangan dalam memilih modem selain harga yang kompetitif, yang paling utama yaitu dari segi kualitas, mungkin jargon “uang tahu barang” tidak selalu benar karena tidak selamanya brang mahal itu bagus, masa pakai dari modem perlu dipertimbangkan juga, sebaiknya anda lihat review di forum-forum modem mana yang kualitasnya diatas rata-rata

    Selain untuk digunakan sendiri ada juga modem yang penggunaan seperti router wifi, dimana anda bisa berbagi koneksi internet dari modem dengan orang lain.

  3. Mengatasi Masalah Saat Proses Instal Driver Modem

    Setiap modem bisanya sudah dilengakapi dengan driver yang tersimpan didalamnya.

    Jika anda mengalami masalah instalasi saat penggunaan pertama modem anda, terlihat sepeti modem anda rusak, sebaiknya anda cek terlebih dahulu apakah di komputer yang digunakan sudah terinstal driver modem yang lain? jika iya mungkin hal tersebut yang menyebabkan tidak bisa digunakannya modem baru anda, solusinya anda instal ulang driver modem yang sudah terinstal tersebut menggunakan program gratis Revo Uninstaller tujuanya agar seluruh file driver hilang, dan file yang tersimpan di registri bisa dihapus, karena jika menggunakan proses instal standar windows file yang tersimpan di registri tidak akan hilang

Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *